But You Can't (Day 20)

23:47:00


Hari ini, seorang teman SMA datang ke Jogja untuk keperluan organisasi, dan malamnya dia ngajakin aku dan teman-teman lain untuk ketemuan di rumah makan.

Setelah ngobrol sana sini, ketawa-ketawa seperti tidak ada beban deadline, dan makan-makan lezat, di akhir perjumpaan kami, dia menanyakan sesuatu,

"Nad, ceritain dong gimana rasanya kuliah di UGM?"

Aku berpikir keras dong?? Umm, kuliah di UGM itu rasanya ya kayak... kuliah. Hah. Jadi aku bingung dan kujawab aja sekenanya, "Ya, sama kayak aku nanya kamu, eh, kuliah di Unair gimana rasanya?"

Kemudian, dia menjelaskan kalau spesifiknya yang pingin dia tau adalah gimana rasanya kuliah di tempat yang jauh dari rumah. Nah. Kalau pertanyaannya kayak gitu baru bisa kujawab. Spontan, keluarlah kata-kata ini,

"Ya kadang, there are times when you feel down dan yang kamu pingin adalah berada di sekeliling orang yang kamu kenal. But you can't."

Jawaban spontan. Jujur. Berasal dari lubuk hati terdalam. Dan keminggris.

Tanah perantauan memang seru, dan penuh petualangan, dan bla bla bla. But this is not your home. Keluargamu nggak berada di sini. Wajah-wajah orang yang kamu 'kenal' yang dulu kamu lihat setiap hari, nggak ada di sini. Saat kamu sedang sedih, sepi, atau hanya capek, kamu akan rindu orang-orang yang menjadikan rumahmu terasa seperti rumah.

Kamu ingin pulang.

But you can't.

Perjalanan yang terlalu lama, dan tiket yang juga nggak murah. Waktumu nggak sebanyak itu, dan rasanya juga nggak worth it. Jadi, rindu rumah haruslah hanya sebatas rindu saja. Cukup ditahan-tahan sendiri, nanti kalau sudah ketemu teman-teman dan beraktivitas seperti biasa, semua pasti akan terasa baik-baik saja.

Wah, mellow sekali postingan hari ini ya.

Omong-omong, sewaktu aku ngasih jawaban berupa dua kalimat itu (yang lebih mirip quote gitu...), salah seorang temanku yang lain spontan menyetujuinya juga. Wah, ternyata relatable juga ya jawabanku. Kalau kalian yang sedang membaca ini dan kebetulan anak rantau, apakah jawabanku berkaitan dengan apa yang kamu alami?

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe