Siaran di Radio, Serem atau Seru?

21:48:00

Bercuap-cuap apa aja deh yang penting di radio!

HALO!
Ya ampun, lama ya nggak nengok blog ini. Akhirnya, setelah iseng cek blog ini tadi malem, langsung tiba-tiba aja gitu ada dorongan energi untuk membenahi dan me-refresh tampilan blog supaya nggak bosen.

Banyak hal yang sudah terjadi di tahun 2015 dan hal-hal juga sudah terjadi di awal tahun 2016. Sayangnya, dorongan ngeblog ku beberapa waktu terakhir ini sialan banget, ditambah dengan ruwet dan ribetnya balada menjadi anak kelas 12 SMA, bikin nggak bisa ngeblog seluwes dan sesering dulu!

Ya benar, aku udah kelas 12 SMA sekarang, tinggal menghitung waktu buat menghadapi kiamat-kiamat kecilnya anak SMA berupa ujian-ujian yang mungkin bakalan mempengaruhi masa depan kami.

Oke, tentang judulnya.... ADA APA INI. KOK TIBA-TIBA NADA SIARAN DI RADIO. ADA APA NEH???!

Yha yha. Memang benar saudara-saudara, akhirnya penulis blog paling tidak jelas dan sok asik ini merasakan juga sensasi bercuap-cuap di radio daerah Sidoarjo, yaitu Bimasakti Radio yang bisa di dengarkan di Sidoarjo di saluran 102.1 fm.

Nah, begini ceritanya.



Tiba-tiba di suatu pagi yang tidak cerah-cerah amat, terdengarlah sebuah pengumuman di interkom kelas SMAN 1 Sidoarjo "Bagi siswa siswi yang ingin mengikuti Lomba Radio Presenter, bisa mendaftar di joglo sekarang juga."

HAAAAAAAH RADIO PRESENTER??? MAU DONG!

Tiba-tiba aja flashback ke masa-masa SD di mana Nada Celesta muda ingin sekali menjadi penyiar radio karena baginya menjadi penyiar radio itu sangat kece.

Akhirnya, ikutlah aku di audisi radio presenter di sekolahku waktu itu. Padahal, pengalaman jadi penyiar belum pernah sama sekali aku rasakan. Bahkan jadi MC pun belum pernah. Pokoknya, pelajaran intonasi yang aku dapat dari pengalaman selama masih aktif ber-storytelling aku jadikan senjata buat audisi saat itu.

Jadi, para peserta diberi teks untuk dibacakan, dan kriteria penilaiannya berdasarkan intonasi, improvisasi, dan... dan apa ya aku lupa deh. Pokoknya gitu.

Singkat cerita, aku melewati fase penyisihan (wihh) dengan cukup baik. Aku nggak tau deh waktu itu aku udah bagus apa enggak, pokoknya nggak kaku-kaku amat.

Surprisingly, dapet juara pertama sesekolah. Dengan adek kelasku Artyasari di tempat kedua, dan temenku Andika di tempat ketiga. Ini rasanya aneh banget, tapi seneng dong!!!???????!!??????????

Akhirnya, kami bertiga mengikuti pelatihan siaran buat persiapan final, yang mana kami nantinya bakal diadu sama juara-juara dari sekolah lain di Sidoarjo.

Pas masuk ruang siaran..............wiiiiiiiIiIiIiIiiIihhhhhhhhhh dingin banget. Deg degan pula. Perasaan daritadi deg degan mulu emang. Karena sekali siaran langsung perkenalan tiga finalis sekaligus, aku dapat mic yang dipegang gitu, nggak dapet yang pake headphone.........

Salah satu penyiar senior di radio Bimasakti, Kak Eka, memandu acara siang itu dengan memperkenalkan satu persatu finalis Radio Presenter Competition 2015. Kami para finalis disuruh memperkenalkan diri dan minta dukungan dari pendengar. Tanpa teks, tanpa briefing, pokoknya nyerocos aja!

Dan sewaktu giliranku........ asddskdxnxqke;;'@$%^*dsdaaaaaaadegdegan sialan. Akhirnya kata-kata yang keluar malah banyak banget dan terlalu heboh dan jayus dan sok asik dan entahlah??????

"Halo Sidoarjo, halo pendengar!! Aku Nada dari SMAN 1 Sidoarjo. Pasti pengen tau kaaaan siapa yang punya suara syantik kayak gini? Makanya, besok dukung aku ya di UNUSIDA buat final Radio Presenter Competition 2015! Terutama buat kelas XII IPS 1 Insane Smanisda! Cie, masuk radio! Yuk ya, dukung aku! UNUSIDA deket rumahku lho, ntar ke rumahku yuk terus makan-makan!"

-_-

Benar-benar......

Tapi yaudahlah ya.

Besoknya, saatnya bertanding!

Kami diberi teks lagi, tapi kali ini tantangannya lumayan terasa berat. Karena, pesaingku pada kece-kece dan improvisasinya mantab banget!

TAPI KUSENANGGGGGGGGGGGG karena tiga orang teman-temanku yang budiman datang untuk mendukung dan memberi semangat!!!! Mereka adalah Vebi, Fauziyah, dan Satrio!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Tanda serunya banyakin biar semakin senang!!!!!!!!!!

Namun aku berbuat kesalahan.

Yaitu,

Aku tidak melakukan improvisasi.

Akhirnya,

Aku

Tidak

Berhasil

Mendapatkan

Gelar

Juara

....

..

:(

Aku menangeeeeeeees hahahahahah ya gimana ya, udah didukung sama temen-temen, malah gagal. Tapi aku emang payah, instead of menjadi tegar supaya nggak ngerepotin temen-temenku, aku malah sedih banget dan menangis.

O dasar lebay.

Ujung-ujungnya aku diajak makan nasi bebek sama mereka supaya aku nggak sedih...............................................

Dari kiri : Vebi, Andika, Fauziyah, Nada-habis-mewek, dan Satrio. Cinta banget!

Tapi ya sudah, itu dijadikan pengalaman. Akhirnya rasa penasaranku terpuaskan tentang dunia radio. Dan bagi teman-teman yang berhasil menyabet piala, mereka memang pantas banget menyandangnya mengingkat skill improvisasi dan intonasi mereka dapet banget! Adek kelasku si Artyasari berhasil dapat juara kedua, keren!!!


Karena temen-temen Radio Presenter Competition 2015 ini bikin grup LINE, akhirnya LINE ku jadi rame terus, pernah sampai 600+ chat tuh saking berisiknya, hahahah dasar ya namanya juga penyiar, ngoceh terus.

Semua finalis RPC bisa jadi penyiar tamu kapanpun di Bimasakti Radio. Akhirnya, aku sempet siaran............ dua kali. Hahaha. Ya, baru dua kali, di acara yang sama yaitu Creative Teenage jam 9 pagi setiap hari Minggu.

"Mas, ini aku harus ngomong apa?" Nada yang bingung karena tidak di-briefing bertanya pada mas Adam, penyiar senior radio Bimasakti yang jadi partner Nada hari itu.

"Ya.. ngomong..." jawab mas Adam sambil hehe hehe.

Nah lho, gimana ini. Tanpa script, tanpa briefing. Lah, acaranya isinya apa aku bahkan nggak tau!

Akhirnya, aku ngikutin aja kemana arah pembicaraan mas Adam saat siaran, beliau ngomong apa pokoknya aku tanggapin aja sambil sok asik.

Paling seru adalah saat ngebacain request lagu dari pendengar. Beberapa dari mereka adalah temen-temen sekelasku sendiri. Seru banget lah pokoknya!

Ternyata, jadi penyiar radio itu gampang-gampang susah, karena me-luwes-kan suara biar kedengeran asik alami itu sulit sekali. Belum lagi, penyiar radio juga lah yang mengatur list lagu yang diputar, iklan, dsb. Kan lumayan ribet tuh.

Intinya, aku bersyukur banget bisa ngerasain gimana rasanya siaran, ngebacain request lagu, sampai telfonan sama pendengar. Buat para penyiar radio di luar sana, kalian luar biasa!!!!!!! Salut!!!!!!!!

Tanpa aku disangka, padahal aku sudah kelas 12 SMA, waktu yang udah hampir habis buat berada di bangku sekolah. Tapi, hal-hal unik dan keren malah terjadi akhir-akhir ini. Atau aku aja yang baru bisa membuka diri pada dunia luar sekarang? Hmm, entahlah.

Apapun itu, aku bersyukur banget. Pengalaman siaran di radio ini baru satu dari beberapa pengalaman baru yang aku dapatkan.

Semoga kapan-kapan bisa aku share di sini ya! Gimana dengan kalian? Ada pengalaman baru apa nih? Bolehlah sharing di kotak komentar di bawah :)

You Might Also Like

1 comments

  1. ah kamu inspiring banget:")))))))))) keren multitalent makin ngefans deh:") wkwk gapapa nad mungkin itu awal karir mu dalam menjadi penyiarr lanjutkann siapa tau bisa jadi the next danang darto /aamiin/:")

    ReplyDelete

Beli merica, beli jamu.
Habis baca-baca, kuharapkan komenmu!